Pada mulanya bahasa Arab dapat bertahan dengan kuat terhadap kemunduran yang mulai terasa pada akhir-akhir masa Bani Umaiyah, karena tampuk pemerintahan, seperti jabatan Panglima-panglima, gubernur gubernur dan kedudukan-kedudukan penting lainnya masih dipegang oleh orang Arab, yang bahasanya tetap bahasa (fasih) murni lebih lagi mereka amat fanatik terhadap bangsa dan bahasanya.
Di masa itu seseorang pemimpin yang menyimpang dari tata bahasa yang fasih, walaupun sedikit saja sudah dianggap rendah dan tercela. Tiap-tiap pemimpin baik ia pemimpin politik maupun pemimpin perang atau Pemimpin sosial, semenjak dari khalifah sampai kepada kepala daerah, adalah orang-orang yang ahli dalam bahasa, cakap berpidato dan dapat mengkritik kasidah-kasidah yang diucapkan di hadapannya.
Kefasihan dan ketinggian mutu bahasa ini bukan saja dimiliki oleh para pemimpin tetapi juga dimiliki oleh umumnya bangsa Arab, karena perasaan bangga terhadap keturunan dan nasab serta perasaan bahwa mereka adalah golongan yang tertinggi dan teristimewa, sangat mendalam dalam jiwa mereka (meskipun sifat ini bertentangan dengan prinsip agama Islam) sehingga mereka enggan bergaul dengan orang yang bukan bangsa Arab dan merasa rendah bila ikut bekerja bersama-sama Orang 'Ajam (bukan bangsa Arab).
Di antara orang-orang Arab itu jarang sekali yang mau bertani, bertukang, berternak dan sebagainya dengan demikian bahasa Arab dapat terpelihara kemurniannya, karena percakapan-percakapan diantara orang-orang Arab tidak dapat tidak dipengaruhi oleh kelemahan dan kekurangan mutu bahasa yang dipakai sehari-hari oleh orang asing (Azam) itu. Tetapi karena berdirinya Kerajaan Bani Abbas boleh boleh dikatakan atas bantuan dan dukungan orang-orang Persia terutama atas bantuan Abu Muslim Al Khurasani, maka sebagai balas jasa, di serahkan lah kepada mereka beberapa jabatan yang penting dalam negara. Dan dengan berangsur-angsur bertambah banyaklah di antara mereka yang menduduki posisi-posisi yang tinggi seperti menjadi Gubernur, Panglima dan Menteri.
Makin lama bertambah naik nama dan kedudukan mereka, dan dengan sendirinya mengurangi kedudukan orang Arab. Akhirnya tidak sampai satu abad semenjak berdirinya Kerajaan Bani Abbas, semua kedudukan yang penting, kecuali pangkat Khalifah, telah dipegang oleh orang Persia. Oleh karena itu ia memegang kekuasaan bukan orang Arab lagi, maka hilanglah perasaan bangga terhadap Nasab dan keturunan, atau perasaan bahwa mereka adalah golongan yang tinggi dan mulia. Kalau dahulu mereka enggan bekerja sebagai petani, peternak dan tukang, sekarang mereka telah memasuki semua lapangan pekerjaan, bahkan banyak diantara wanita Arab yang kawin dengan peranakan Arab-Persia bahkan, ada yang kawin dengan orang-orang Persia sendiri.
Dengan berasimilasi nya orang-orang Arab ke dalam masyarakat Persia mulailah bahasa Arab mengalami kemunduran apalagi pemimpin-pemimpin yang berkuasa bukan orang Arab sehingga timbullah bahasa pasar yang tidak dapat dianggap sebagai bahasa Arab yang murni seperti yang terjadi di Mesir dan Damaskus.
Hal ini menimbulkan kesadaran para ulama dan ahli bahasa Arab sehingga mereka bangun serentak untuk mempertahankan bahasa Arab dari keutuhannya. Dengan rusaknya bahasa Arab tentu tidak akan ada lagi yang dapat memahami Al Qur'anul Karim. Sedangkan Al Qur'an itu adalah kitab suci yang harus selalu dipelihara dan diperdalam isi dan maknanya, karena itu mereka merasa bahwa di atas pundak merekalah terletak kewajiban untuk memelihara Al Qur'an dengan jalan mempertahankan kemurniaan bahasa Arab.
Untuk itu mereka telah mengarang Ilmu Nahwu (gramatika bahasa Arab) agar bahasa Arab itu dapat dipelajari dengan baik oleh umat yang tidak berbahasa Arab, sehingga mereka terhindar dari kesalahan kesalahan pengucapan dan dapat membaca dengan fasih.
Ilmu ini telah dirintis penyusunannya, mula-mula oleh Abul Aswad Ad Duali, atas nasehat Ali Bin Abi Thalib. Kemudian ilmu ini berkembang di Basrah dan menjadi luas pembahasannya sehingga banyak ulama ulama atau ahli-ahli bahasa yang mengarang kitab kitab Nahwu, diantara pengarang-pengarang kitab Nahwu adalah Abu Ishaq Al Hadrami yang wafat tahun 117 H., Isa bin Umar yang wafat tahun 149 H. Pengarang kitab Al Jaami' dan Al Ikmal: Al Khalil bin Ahmad, Sibawaihi, Abu Amir bin Al'ala' yang wafat tahun 154 H dan Al-Ahfasy, murid Sibawaihi.
Ilmu Nahwu ini berkembang pula di Kufah yang dipelopori oleh Mu'adz Al-Harra', Abu Ja'far Ar Ruasi dan kedua murid-muridnya Al Kisai dan Al-Farah, sehingga terjadilah 2 aliran dalam ilmu Nahwu ini yaitu aliran Basrah dan aliran Kufah. Akhirnya kedua aliran ini bertemu di Baghdad pusat pemerintahan Abbasiyah, masing-masing dibahas oleh Ibnu Qutai'bah dan Hanifah Al Dinauari.