Keistimewaan Ayat Kursi
Ayat al-Kursiy adalah ayat yang paling agung di antara seluruh ayat-ayat al-Qur'ân. Karena dalam ayat ini disebutkan tidak kurang enam belas kali, bahkan tujuh belas kali, kata yang menunjuk kepada Allah swt., Tuhan Yang Maha Esa.
Sifat-sifat Allah yang dikemukakan dalam ayat ini disusun sedemikian tupa sehingga menampik sctiap bisikan negatif yang dapat menghasilkan keraguan tentang pemeliharaan dan perlindungan Allah. Dalam ayat ini dilukiskan, betapa besar kekuasaan Allah swt.
Demikian ayat al-Kursiy menanamkan ke dalam hati pembacanya kebesaran dan kekuasaan Allah serta pertolongan dan perlindungan-Nya, sehingga sangat wajar dan logis penjelasan yang menyatakan, bahwa siapa yang membaca ayat dari Surah Al Baqarah ayat 255 ini maka ia memperoleh perlindungan Allah dan tidak akan diganggu oleh setan.
Baca Ayat Kursi
Bahwa jin jahat dan setan menjauh dari pembaca ayat al-Kursiy, juga dapat dijelaskan melalui ilustrasi berikut:
Siapa yang terbiasa dengan kebaikan, pasti tidak senang mendengar kalimat-kalimat yang buruk, telinganya tidak akan dapat mendengarkannya. Karena dengan mendengarnya, hatinya gundah dan risau, pikirannya kacau dan tidak menentu. Sebaliknya, siapa yang rusak moralnya, yakni setan, manusia, atau jin, tidak akan senang dan tidak pula tenang mendengarkan kalimat-kalimat Ilahi, apalagi ayat-ayat al-Qur'ân. Jika demiklan, setan tidak akan mendekat, apalagi mengganggu mereka yang membaca ayat-ayat Ilahi seperti ayat al-Kursiy.
Bahkan dalam suatu hadits melalui Bukhâri, Muslim, serta penulis-penulis kitab hadits standar yang lain, diriwayatkan bahwa Nabi saw. bersabda:
"Apabila dikumandangkan ajakan untuk shalat (azan), setan berpaling (berlari kencang) sambil kentut agar ia tidak mendengar azan; dan bila telah selesai, ia datang Iagi berbisik ke hati manusia sambil berkata, ingat ini, ingat itu' (menyangkut hal-hal yang tidak dia ingat sebelumnya), sehingga ia tidak mengetahui sudah berapa rakaat ia shalat."
Di atas dikemukakan, bahwa dalam ayat al-Kursiy terdapat tujuh belas kali kata yang menunjuk kepada Allah, satu di antaranya tersirat.
Selanjutnya, terdapat lima puluh kata dalam susunan redaksinya. Pengulangan tujuh belas kata yang menunjuk nama Allah itu, bila dicamkan dan dihayati akan memberi kekuatan batin tersendiri bagi pembacanya.
Ibrâhim Ibn Umar al-Biqâ'i memberi penafsiran "supra rasional" menyangkut ayat al-Kursiy. Tulis ulama itu dalam tafsirnya, Nazhm ad-Durar, 'Lima puluh kata adalah lambang dari lima puluh kali shalat yang pernah diwajibkan Allah kepada Nabi Muhammad saw. ketika beliau berada di tempat yang maha tinggi dan saat dimi'rajkan. Lima puluh kali itu diringankan menjadi lima kali dengan tujuh belas rakaat sehari semalam. Di sisi lain, Perjalanan menuju Allah ditempuh oleh malaikat dalam lima puluh tahun menurut perhitungan manusia (QS 7. al-Ma'ârij: 4)."
Dari sinilah pakar tafsir itu mengaitkan bilangan ayat al-Kursiy dengan perlindungan Allah. "Kalau di hadirat Allah gangguan tidak mungkin akan menyentuh seseorang, dan setan tidak akan mampu mendekat, bahkan akan menjauh, maka menghadirkan Allah dalam benak dan jiwa melalui bacaan ayat Al Kursiy yang sifatnya seperti diuraikan diatas dapat menghindarkan manusia dari gangguan setan, serta memberinya perlindungan dari segala macam yang di takutinya."